Cara Terapi Wasir Dengan Tanaman Hias (How To Therapy Hemorrhoids With Ornamental Plants)



Apa itu wasir?

Wasir adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang di sekitar anus atau rektum bawah. Wasir dapat muncul di dalam rektum atau di sekitar anus. Biasanya wasir disebabkan karena sering mengejan saat BAB. Klasifikasi wasir dibagi berdasarkan letaknya.

Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di dalam rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri namun menyebabkan BAB berdarah
External hemorrhoid. Wasir ini terletak di luar anus. Wasir ini dapat terasa gatal atau nyeri, terkadang dapat robek dan berdarah
Wasir tidak berbahaya dan tidak menular. Biasanya wasir dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan obat-obatan.






Tanda-tanda & gejala
Beberapa gejala dan tanda wasir yaitu:

~ BAB berdarah berwarna merah terang dan tidak nyeri
~ Gatal dan iritasi pada area rektum
~ Nyeri dan rasa tidak nyaman
~ Bengkak di sekitar anus
~ Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus
~ Wasir yang lebih sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yaitu external 
    hemorrhoid.         
~ Internal hemorrhoid biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

 Penyebab Wasir

Penyebab sebenarnya dari wasir atau hemoroid masih belum jelas. Tapi pada kebanyakan kasus yang ada, diperkirakan ada kaitan kuat dengan meningkatnya tekanan dalam aliran darah. Tekanan inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada bagian bokong membengkak atau mengalami peradangan.

Orang-orang yang Berisiko Terkena Hemoroid

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena wasir atau hemoroid.

~ Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan.
~ Obesitas atau kelebihan berat badan.
~ Diare yang berkepanjangan.
~ Riwayat kesehatan keluarga, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau
    hemoroid.
~ Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan.
~ Sering mengangkat beban berat.
~ Kehamilan sebagai kondisi yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah
   di panggul.      
 ~ Pembuluh darah akan membesar dan hemoroid akan muncul. Hemoroid biasanya akan
    sembuh setelah Anda melahirkan.
~ Berusia lebih dari 45 tahun. Saat usia makin bertambah, jaringan penopang tubuh
    makin lemah.    
 ~ Kondisi ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid.

Pencegahan Wasir 

Cara terbaik untuk mencegah wasir atau hemoroid adalah dengan menjaga agar tinja tetap lunak dan bisa dikeluarkan dengan mudah. Untuk mencegah dan mengurangi gejala dari hemoroid, berikut ini adalah beberapa saran yang bisa dilakukan:

  • Makan makanan yang kaya akan serat. Lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini akan melembutkan tinja dan meningkatkan jumlah yang dikeluarkan. Tambahkan serat perlahan-lahan untuk menghindari masalah dengan gas.
  • Minum banyak cairan. Minumlah enam hingga delapan gelas air dan juga minuman lain (non-alkohol) tiap hari. Ini juga untuk pertahankan tinja tetap lunak.
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah serat. Banyak orang masih kekurangan asupan serat dari yang dianjurkan dalam makanannya. Beberapa produk suplemen penambah serat bisa menjaga tinja tetap lunak, tapi pastikan untuk minum delapan gelas sehari jika mengonsumsi suplemen ini. Jika tidak, suplemen bisa mengakibatkan konstipasi atau justru memperburuknya.
  • Jangan mengejan berlebihan. Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan kotoran menciptakan tekanan lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.
  • Segera buang kotoran jika sudah merasa ingin. Jika Anda menunggu untuk membuang kotoran hingga keinginan itu menghilang, tinja bisa menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Berolahraga. Jika terlalu banyak berdiri atau duduk, usahakan tetap aktif untuk membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Berolahraga juga membantu turunkan kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas ini yang berkontribusi memunculkan hemoroid.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus
  • Hindari mengangkat benda berat. Jika memang harus, selalu buang napas saat mengangkat benda. Jangan menahan napas saat mengangkat.
  • Jika Anda hamil, tidur dengan posisi miring akan menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Ini bisa membantu mencegah hemoroid membesar.

Berikut Terapi Wasir Dengan Berbagai Tanaman 

Daun Ungu
Cuci 10 gram Daun Ungu segar rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring ,dinginkan,lalu minum 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas

Bunga Iler
Cuci bersih 25 gram daun bunga Iler segar, lalu rebus dengan 2 gelas air, lalu tambahkan kedalam air rebusan 1 sendok makan gula merah, lalu aduk rata, hingga tersisa 1 gelas air rebusan,saring, dinginkan,lalu di minum 1 kali sehari

Daun Ungu
                                                                               

Bunga Iler

                         


Bunga Jengger Ayam
Cuci bersih 15 gram Bunga jengger Ayam, 30 gram akar rimpang Bunga Teratai, 15 gram Urang Aring, rebus semua bahan dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas air ,kemudian di minum 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas

Kembang Bugang
Cuci bersih 9 lembar daun kembang bugang lalu potong potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 1/2 gelas,saring ,dinginkan,kemudian di minum 3 kali sehari masing masing 1/2 gelas

Kembang Bugang

                              
         

Bunga Jengger Ayam

                                                           




PERHATIKAN. ! APAKAH ANAK ANDA SPEECH DELAY 
MITOS SEPUTAR DEMAM 
TANGKAL PENYAKIT DENGAN MAKANAN SEHAT 
HAYYUUU.....PILAH PILIH OLAH RAGA BAGI DEABETISI 






How To Therapy Hemorrhoids With Ornamental Plants


What is a hemorrhoid?

Hemorrhoids are blood vessels that are swollen and inflamed around the anus or lower rectum. Hemorrhoids can appear in the rectum or around the anus. Usually hemorrhoids are caused by frequent straining during bowel movements. The classification of hemorrhoids is divided according to its location.

Internal hemorrhoid. These hemorrhoids appear in your rectum. Usually internal hemorrhoid is not painful but causes bloody defecate

External hemorrhoid. This hemorrhoid is located outside the anus. These hemorrhoids can be itchy or painful, sometimes can tear and bleed

Hemorrhoids are harmless and not contagious. Usually hemorrhoids can heal on their own or can be cured easily using drugs.

Signs & symptoms

Some of the symptoms and signs of hemorrhoids are:


~ Defecate red bloody red and painless
~ Itching and irritation of the rectal area
~ Pain and discomfort
~ Swelling around the anus
~ A sensitive or painful lump near the anus
~ Hemorrhoids are more often cause discomfort and pain that is external
Hemorrhoid.
~ Internal hemorrhoid usually does not cause pain.

There may be signs and symptoms that are not mentioned above. If you have concerns about a particular symptom, consult your doctor.


Causes of Hemorrhoids

The true cause of hemorrhoids or hemorrhoids is still unclear. But in most cases, there is a strong link with increased pressure in the bloodstream. This pressure causes the blood vessels in the buttocks to swell or become inflamed.

People at Risk of Hemorrhoids
Below are some factors that can increase your risk of hemorrhoids or hemorrhoids.

~ Constipation disease is sustainable due to lack of fiber in the diet.
~ Obesity or overweight.
~ Prolonged diarrhea.
~ Family health history, makes you more at risk of suffering from hemorrhoids or

Hemorrhoids.
~ Continuous cough and vomiting.
~ Often lifting heavy loads.
~ Pregnancy as a condition that can increase the pressure on the blood vessels
In the pelvis.
~ The blood vessels will dilate and the hemorrhoids will appear. Hemorrhoids usually will
Heal after you give birth.
~ Aged over 45 years. As age grows, the body supports the body
The weaker.
~ This condition can increase your risk of hemorrhoids.

Hemorrhoids Prevention

The best way to prevent hemorrhoids or hemorrhoids is to keep the stool soft and easily removed. To prevent and reduce the symptoms of hemorrhoids, here are some suggestions that can be done:


  •  Eat foods rich in fiber. Eat more fruits, vegetables, nuts, and seeds. By eating this type of food will soften the stool and increase the amount spent. Add fiber slowly to avoid problems with gas. 
  • Drink plenty of fluids. Drink six to eight glasses of water and also other beverages (non-alcoholic) every day. This is also to keep the stool soft. 
  • Consider taking fiber supplements. Many people still lack the recommended fiber intake in their diet. Some fiber enhancement products can keep the stool soft, but be sure to drink eight glasses a day if taking this supplement. Otherwise, supplements can lead to constipation or even worsen it.
  • Do not overdo it. Pulling and holding your breath while trying to remove dirt creates more pressure on the blood vessels in the lower rectum.
  •  Immediately remove dirt if you already feel like. If you wait to get rid of the dirt until it disappears, the stool can become dry and difficult to remove.
  • If too much standing or sitting, try to keep active to help prevent constipation and reduce pressure on blood vessels. Exercising also helps to lose overweight or obesity. This obesity contributes to the appearance of hemorrhoids.
  • Avoid sitting too long. Sitting too long, especially in the toilet, can increase pressure on blood vessels in the anus 
  • Avoid lifting heavy objects. If you must, always exhale when lifting things. Do not hold your breath when lifting
  • If you are pregnant, sleeping on your side will lower the pressure on the blood vessels in the pelvis. This can help prevent hemorrhoids from growing.



Here Hemorrhoid Therapy With Various Plants

Purple Leaf
Wash 10 grams Leaves Purple fresh boiled with 2 cups water until remaining 1 cup, strain, chill, then drink 2 times a day each 1/2 cup

Iler's Flower
Wash 25 grams of fresh Iler flower, then boil with 2 cups water, then add into boiled water 1 tablespoon brown sugar, then mix well, until remaining 1 cup cooking water, strain, chill, then drink 1 times a day

Flower Jengger Chicken
Rinse 15 grams Chicken comb, 30 grams of rhizome roots Lotus Flower, 15 grams Urang Aring, boil all the ingredients with 3 cups water, until the remaining 1 cup water, then the drink 2 times a day each 1/2 cup

Kembang Bugang
Wash clean 9 pieces of banana leaves then cut pieces as needed, boiled with 3 cups water until remaining 1 1/2 cups, strain, chill, then drink 3 times a day each 1/2 cup


Komentar

  1. wah. . ternyata gak cuma buat hiasan ya. .
    ternyata juga bisa untuk mengobati wasir. .
    terima kasih infonya. .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer