PATIKAN KEBO ( SI ANTI ASMA )



Patikan Kebo ( Si Anti Asma) 
Mungkin namanya agak asing yaa.., jujur saya juga baru mengetahui tanaman ini bernama Patikan Kebo, oke.. sekarang kita dak bahas nama ya,  tetapi kita bahas tentang khasiat dari tanaman ini..
Patikan Kebo memiliki nama Ilmiah Eurphobia Hirta, Dan punya nama lain seperti gelang susu, Patikan Jawa ,nagkaan.
 Patikan kebo  merupakan tanaman liar yang banyak di temukan di daerah tropis,dapat di temukan di antara rerumputan ,tepi jalan, sungai, kebun, perkarangan.
Seluruh bagian Patikan kerbau dapat di gunakan sebagai obat, karena kandungannya terdapat beberapa unsur kimia yang dapat menyembuhkan penyakit.

Adapaun penyakitnya adalah Asma
Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi (terdengar suara saat menarik nafas) 

Sifat dan khasiat Patikan Kebo 
Tumbuhan ini memiliki sifat agak pahit,asam sejuk,berkhasiat sebagai Anti Inflamasi (Anti radang),  peluruh air seni, dan menghilangkan gatal gatal (anti puritik).

Pengobatan penyakit Asma
Rebus 1 genggam daun patikan yang sudah di keringkan dengan 2 - 3 gelas air sampai mendidih, dinginkan dan saring, diminum 2 kali sehari , masing masing 1/2  gelas pagi dan sore setelah makan.

Sakit tenggorokan
Seduh daun patikan kebo  secukupnya dengan air panas secukupnya, saring dan gunakan untuk berkumur kumur saja.

Yaahh.. inilah sekilas tentang khasiat dan manfaat tanaman Patikan Kebo, untuk sekedar di ketahui, sebagai pengobatan tradisional,  dan ingat ya apabila penyakitnya berlanjut tetap konsultasi ke dokter yaa.
##bukutanamanliarberkhasiat##












Komentar