LEMAK

SEDIKIT MENGENAL TENTANG LEMAK

Lemak adalah merupakan sumber nutrisi yang di simpan dalam tubuh dan berasal dari makanan yang di konsumsi , Zat gizi ini menyumbangkan 60% dari total energi yang di butuhkan pada saat istirahat dan juga saat beraktifitas.




MENGAPA TUBUH PERLU LEMAK ?

  •  Sebagai cadangan energi yang di simpan dalam tubuh.
  •  Sebagai media untuk transportasi vitamin A , D , E , dan K.
  •  Membantu menekan rasa lapar  dengan mekanisme memperlambat pengosongan           pada  lambung sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama
  •  Dapat menambah cita rasa pada makanan.


Lemak terbagi atas beberapa jenis yang juga memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh seperti kolestrol , trigliseril , Low Density Lipoprotein (LDL) , dan Haigh Density Lipoprotein (HDL).


KOLESTROL adalah lemak yang terdapat di aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya di butuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Kolestrol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol di bedakan menjadi LDL dan HDL.

LDL mengandung lebih banyak lemak dari pada HDL sehingga ia akan mengambang di dalam darah. LDL di anggap sebagai lemak  " jahat " karena dapat menyebabkan penempelan kolestrol di dinding pembuluh darah , terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak.

HDL di sebut sebagai lemak yang " baik " karena dalam operasinya ia membersihkan kelebihan kolestrol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali kedalam hati. HDL mempunyai kandungan lemak yang lebih sedikit dan mempunyai kepadatan lebih tinggi sehingga lebih berat.
Sehingga semakin tinggi HDL dan semakin rendah LDL akan memberikan efek yang baik.

1 gram lemak menghasilkan 9 kkal


Bahan makan Sumber HDL tinggi : 
Alpukat , minyak kelapa murni , ikan (salmon , makarel , tuna) 
dan kacang kacangan ( kacang merah , almond , kenari)


Bahan makanan Sumber LDL tinggi:
 Susu dan produknya (Mayones , krim , dll)
Daging dan jeroan , makanan olahan (sosis , ham , kornet , nuget , dll)
makanan komersial (kue tart , cookies , donat ,dll)
dan makanan ringan lainnya ( kripik dan sejenisnya)






LITTLE KNOW ABOUT FAT

Fat is a source of nutrients stored in the body and comes from foods consumed, this nutrients contribute 60% of the total energy needed at rest and also when the activity.

WHY BODY NEED FAT?
As a reserve of energy stored in the body. As a medium for transport of vitamins A, D, E, and K. Helps suppress hunger by the mechanism of slowing the emptying of the stomach so that satiety can last longer Can add flavor to the food.

Fat is divided into several types that also have many functions for the health of the body such as cholesterol, triglycerides, Low Density Lipoprotein (LDL), and Haigh Density Lipoprotein (HDL).

KOLESTROL is the fat contained in the bloodstream or body cells that are actually needed for the formation of cell walls and as raw materials of some hormones.

Cholesterol does not dissolve in the blood so it needs to bind with the carrier that is lipoprotein. Therefore, cholesterol is differentiated into LDL and HDL.

LDL contains more fat than HDL so it will float in the blood. LDL is considered as "bad" fat because it can cause cholesterol sticking in blood vessel walls, especially small blood vessels that supply food to the heart and brain.

HDL is referred to as "good" fat because in its operation it cleans the cholesterol excess from the blood vessel wall by transporting it back into the liver. HDL has less fat content and has a higher density so it is heavier.

So the higher the HDL and the lower the LDL will give a good effect.

1 gram of fat produces 9 kcal
Diet High HDL Source:

Avocado, pure coconut oil, fish (salmon, mackerel, tuna)

And peanuts (red beans, almonds, walnuts)

Foodstuffs High LDL sources:

Milk and its products (Mayonnaise, cream, etc)
Meat and offal, processed food (sausage, ham, corned beef, nuget, etc)

Commercial food (cake tarts, cookies, donuts, etc.)

And other snacks (chips and the like)



Komentar

Postingan Populer