TAHUKAN ANDA APA YANG DI MAKSUD DENGAN GULA ?



Gula adalah sumber karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan berhubungan dengan peningkatan kadar glukosa darah. Gula biasanya di gunakan untuk menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman.

Gula di golongkan menjadi gula sederhana dan gula kompleks. Gula yang biasa kita konsumsi sehari hari adalah gula sederhana yang hanya mengandung . Sedangkan gula komplek adalah kelompok gula yang mengandung zat gizi lain selain karbohidrat, yaitu serat,vitamin,dan mineral. Adapun yang masuk golongan gula komplek adalah nasi,jagung,gandum,dan singkong.





MENGAPA TUBUH KITA MEMERLUKAN GULA ?

Baik gula sederhana maupun gula komplek semuanya adalah sumber karbohidrat yang oleh tubuh akan di olah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang akan menjadi sumber energidan makan bagi sel - sel tubuh manusia , terutama sel otak.

Gula paling banyak di perdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Biarpun banyak jenisnya, seperti gula pasir , gula merah, atau gula jagung , kandungan gizinya tetap serupa .

Bila sudah di cerna tubuh , semua akan berubah menjadi glukosa dan fruktosa.
Adapun bahan makanan sumber gula adalah :
gula pasir , gula aren , sirup , madu , selai , minuman ringan , susu , buah ( durian , rambutan , duku dll )

1 gr gula = 1 gr karbohidrat
(1 gr karbohidrat  menghasilkan + 4 kkal) 



PENGARUH KONSUMSI GULA PADA TUBUH.

Konsumsi gula yang kurang maupun yang berlebihan mempunyai dampak pada sistem metabolisme tubuh.

Konsumsi gula berlebihan dapat mengakibatkan insulin menjadi resisten yaitu tidak mampu menjalankan tugasnya dalam metabolisme gula menjadi energi, sehingga menjadi peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglikemia) yang beresiko terhadap terjadinya kegemukan (obisetas) dan Diabetes Melitus.
  
Diabetes yang tidak terkontrol akan beresiko mengganggu organ tubuh lainnya seperti , jantung , ginjal ,dll

 

Komentar

Postingan Populer