Cara Aman Mengatasi Nyeri Jahitan setelah Melahirkan

       



Sebagaimana yang kita tahu, proses persalinan tentu akan menyebabkan vagina para wanita robek, meskipun vagina sendiri mempunyai sifat elastis. Biasanya robeknya vagina tergantung dari besarnya bayi, karena tentu tiap bayi perlu ruang yang lebih luas untuk proses keluarnya dari dalam rahim. 
Bahkan tak sedikit wanita yang saat melahirkan, vaginanya robek diatas 6%, namun ada juga yang vaginanya tidak robek sama sekali. Pun begitu, tetap saja dokter akan melakukan proses penjahitan, guna menghindari robek pasca melahirkan.

 Mengatasi Nyeri Jahitan Setelah Melahirkan
Nah, terdapat beberapa cara atau tips dalam mengatasi nyeri jahitan setelah melahirkan. Diantaranya adalah:

1. Menggunakan es batu
Masukan es batu kedalam plastik dan tempelkan pada vagina anda. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit setelah melahirkan. Lakukan terus — menerus agar rasa sakitnya berkurang. Ganti setiap 30 menit sekali dan ulangi 60-90 menit kemudian. Cara ini baik untuk menghindari berkembangnya bakteri sekaligus mengurangi efek sakit/nyeri yang muncul.

2. Air hangat
Cara berikutnya adalah dengan menggunakan air hangat. Sebaiknya selalu gunakan air hangat untuk membasuh vagina anda sesudah buang air kecil. Hal ini bisa meminimalisir rasa sakit pada luka. Jangan lupa membilas vagina dengan tisu agar kering. Sebab jika basah, luka bekas jahitan tersebut bisa menjadi sarang bakteri,kan tentu akan memperlambat proses penyembuhan.

3. Duduk di bantal
Duduk dibantal bisa mengurangi nyeri setelah melahirkan dan bekas jahitan. Karena hal tersebut bisa membuat anda merasa relaks dan nyaman

4. Gunakan obat analgesik
Jika rasa nyeri yang timbul belum berkurang juga, gunakan obat penghilang rasa sakit (analgesik) untuk mengurangi nyeri. Obat-obatan jenis ini yang direkomendasikan adalah parasetamol, sebab mempunyai dosis yang rendah dan efek samping dari obat ini juga sedikit. Jika rasa nyeri masih terasa, anda bisa meminum ibuprofen atau periksakan lagi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Berendam di air yang dingin
Seperti halnya es, air dingin juga ampuh mengurangi rasa nyeri akibat jahitan. Oleh karena itu, tak ada salahnya berendam diair dingin sekitar 20 menit hingga keluhan yang timbul, bisa berkurang.

6. Berdiri lama
Berdiri bisa membuat sirkulasi darah menjadi baik. Jika anda tidak kuat untuk berdiri, anda bisa sesekali duduk lalu berdiri lagi. Hal ini baik bagi kesembuhan luka anda.

Selain cara diatas, anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka jahitan dengan cara dibawah ini.
1. Mandi minimal 2 kali sehari
Dengan menjaga kebersihan, luka jahitan akan cepat sembuh. Biasakan untuk selalu mandi teratur. Tubuh yang bersih akan menghindarkan diri dari penyakit dan kuman berbahaya. Hal tersebut akan berbahaya untuk bekas jahitan anda.

2. Sering ganti pembalut
Darah yang banyak akan mengandung bakteri yang banyak pula. Sering — seringlah ganti pembalut untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri yang berbahaya di vagina. Jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum memakai pembalut. Usahakan ganti pembalut 3 kali sehari agar vagina terhindar dari bakteri berbahaya.

3. Lakukan senam kegel
Pelatihan senam kegel akan mempercepat proses penyembuhan pada luka. Lakukan senam kegel secara teratur

4. Minum air putih yang banyak
Dengan minum air putih yang banyak, tubuh akan cepat proses penyembuhannya, karena sirkulasi darah ditubuh dan metabolisme tubuh berlangsung baik. 

5. Makan makanan yang bergizi dan menyehatkan
Rajin makan sayur dan buah akan memberikan nutrisi bagi tubuh, sehingga proses penyembuhan luka akan berlangsung cepat.

Nah demikian beberapa cara mengatasi nyeri jahitan setelah melahirkan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

SI BAWANG MERAH YANG BAIK

KAPAN YA BOLEH BERMAIN HUJAN ?

HATI² DENGAN MAKANAN MINUMAN INI

MAU KENALAN DENGAN SIROSIS HEPATITIS ?

PAYUNGI HATI KITA DARI PENYAKIT HEPATITIS

PERHATIKAN DAN PANTAU WAKTUNYA DATANG MENTRUASI




Komentar

Postingan Populer