Ketahui Kondisi Kesehatan dari Beragam Warna Urine Berikut Ini

Pada dasarnya, tubuh manusia memang di ciptakan untuk mengeluarkan kotoran yaitu air kencing (urine), dan tinja (air besar/feces). Hal ini ditujukan agar seluruh kotoran sisa pencernaan dan metabolisme bisa dikeluarkan, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Urine yang normal atau sehat, biasanya berwarna bening seperti air atau kuning (yang pucat). Namun, apa jadinya jika urine yang keluar dari tubuh kita tidak berwarna bening atau kuning pucat? Nah, berikut penjelasan lengkapnya. 

Bening
Seperti yang di sebutkan diatas, urine berwarna bening memang menandakan anda normal, sehat dan bebas dari penyakit. Akan tetapi tetap  harus mengkonsumsi air yang cukup. Namun, hal ini tidak selamanya menandakan demikian. 

Selain memperhatikan warna urine, anda juga harus teliti akan hal lainnya seperti selalu merasa haus, sering merasa lelah, mual. Karena, hal ini bisa menandakan bahwa anda menderita diabetes. 

Urine bening bisa diartikan pula sebagai overhidrated (terlalu banyak konsumsi air/overdosis air). Yang menyebabkan overdosis air sendiri biasanya di karenakan anda mengalami gejala diabetes awal, yang mana ada selalu merasa haus walaupun sudah banyak minum. 

Sebagai tambahan, perhatikan faktor keturunan apakah orang tua atau kakek-nenek anda menderita diabetes? Karena faktor terbesar penderita diabetes di sebabkan oleh garis keturunan. Dan, hati-hati pula jika anda terluka dan tidak sembuh-sembuh. Segera periksakan ke dokter sebelum terlambat, ya!

Kuning Gelap
Jika urine anda berwarna kuning pucat atau kuning muda berarti anda sehat. Namun, bagaimana urine anda berwarna kuning tua, atau kuning yang agak keruh? Nah, hal ini perlu anda perhatikan baik-baik. Yang pertama, perbanyak konsumsi air putih anda setiap harinya. Karena hal ini bisa menandakan dehidrasi. 

Oranye 
Mungkin warna oranye dan kuning tua memang sedikit mirip, akan tetapi kami yakin anda pasti bisa membedakannya dua warna tersebut. Biasanya, warna oranye ini disebabkan oleh vitamin atau suplemen yang anda konsumsi beberapa jam sebelumnya, sebab obat juga bisa mempengaruhi warna urine. 
Namun, apabila anda tidak merasa mengkonsumsi obat apapun akan tetapi tiba-tiba urine anda berwarna oranye? Sebaiknya anda perlu periksakan ke dokter, apalagi jika hal ini terjadi selama berhari-hari. Yang ditakutkan adalah jika anda mengalami gangguan pada hati atau empedu anda. 
Putih Susu
Jika urine anda berwarna putih susu hal ini bisa di sebabkan oleh infeksi saluran kemih, penyakit ginjal atau bahkan penyakit yang di tularkan lewat hubungan seksual seperti sifilis(raja singa) maupun gonore(biasanya kencing di sertai nanah). 

Jika tidak biasanya anda mengeluarkan air kencing berwarna putih susu, segera bawa ke dokter, karena penyakit seksual biasanya di tularkan tanpa sadar karena gejalanya tidak selalu terlihat. 

Pink atau Merah
Hal ini kasusnya sedikit mirip dengan urine berwarna oranye. Jika anda mengkonsumsi obat-obatan dan buah tertentu yang berwarna merah, maka warna urine akan terpengaruh setelah berjam-jam obat atau buah tersebut di cerna. 
Akan tetapi, jika merasa tidak mengkonsumsi obat-obatan atau buah-buahan berwarna merah, sebaiknya anda berhati-hati. Karena hal tersebut bisa menandakan anda terinfeksi di saluran kemih, batu ginjal, atau bahkan kanker prostat!

Berbusa
Apabila anda terlalu lama menahan air kencing, biasanya hal ini wajar terjadi karena terlalu lama menahan air kencing membuat urine yang keluar akan terdorong dengan kencang sehingga menimbulkan buih atau busa. 

Namun, apabila hal ini terjadi terlalu sering bisa saja anda mengalami gangguan pada ginjal atau empedu, karena kencing dengan buih yang banyak di sebabkan kandungan protein yang banyak pula.  

Hitam
Jika urine anda berwarna hitam, idealnya segera periksa ke dokter karena hal ini biasanya terjadi karena terlalu banyak kandungan kimia dalam urine yang anda keluarkan. Urine berwarna hitam menandakan kesehatan anda sedang dalam kondisi tidak baik. 

Inilah informasi seputar urine yang terpenting usahakan kita minum air putih sehari kurang lebih 1 liter.........

CARA TERAPI WASIR DENGAN TANAMAN HIAS (HOW TO THERAPY HEMORRHOIDS WITH ORNAMENTAL PLANTS)

PENYEBAB LEUCORHEA SI MUSUH PARA WANITA (THE CAUSE OF LEUCORHEA THE ENEMY OF WOMEN)

KHASIAT JAMUR BISA CEGAH TRIGLISERIDA

JANGAN ANGGAP REMEH MASALAH CEGUKAN

BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN SI GOLONGAN DARAH A ? (HOW TO MAINTAIN THE HEALTH OF A BLOOD GROUP?)

JEJAK PENYAKIT SI GOLONGAN DARAH A. (TRACES OF BLOOD TYPE DISEASES A)







Komentar

Postingan Populer