PERHATIKAN DAN PANTAU WAKTUNYA DATANG MENTRUASI

    Penyebab Telat Haid atau Menstruasi Datang Terlambat 





Menstruasi atau haid merupakan suatu proses peluruhan darah rahim akibat tidak dibuahinya sel telur dalam ovarium. Dan idealnya darah tersebut harus dikeluarkan karena bisa berdampak tidak baik bagi tubuh. Seperti yang kita tahu, frekuensi menstruasi antara wanita satu dengan yang lainnya berbeda — beda tergantung dari segi umur, aktivitas, dan berat badan seseorang. 
Tak bisa dipungkiri, telatnya menstruasi menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian wanita. Kecemasan akan hamil serta bayang-bayang penyakit yang diderita, menjadikan wanita ingin siklus haidnya teratur. 
Namun perlu diketahui, ada kalanya memang menstruasi datang terlambat. Dan itu biasanya terjadi karena beberapa faktor berikut ini:

1.Hamil
Ketika anda hamil, tentu anda akan mengalami telat haid bahkan tidak akan haid selama masa hamil. Sel zigot akan turun ke rahim dan berubah menjadi janin. Oleh karena itu rahim menyiapkan jaringan darah sebagai sumber makanan dan perlindungan bagi zigot, sehingga sel darah tidak akan meluruh menjadi haid. Sel darah dalam uterus akan meluruh ketika persalinan. Selama 40 hari anda akan menstruasi pasca melahirkan (nifas).

2. Baru mendapatkan menstruasi
Bagi para remaja, menstruasi telat merupakan hal yang biasa. Karena pada remaja, hormon sedang tinggi — tingginya, sehingga memungkinkan menstruasi sedikit telat. Tapi jangan khawatir karena ini tidak berdampak buruk bagi kesehatas, dan biasanya anda tetap akan mendapatkan haid selama anda yakin tidak pernah berhubungan seksual dengan siapapun. Sayuran dan buah — buahan, serta olahraga yang cukup juga membantu menormalkan siklus haid anda. Nah, jika sampai beberapa bulan tetap belum bisa haid, tak ada salahnya pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan/solusi yang tepat.

3. Gangguan tiroid
Hormon tiroid berfungsi sebagai sumber metabolisme tubuh. Dengan adanya gangguan tiroid, tentu menstruasi pun akan terganggu dan telat. Gejala dari gangguan hormon tiroid biasanya adalah kedinginan, rambut menjadi rontok, dan meningkatnya berat badan. Jika gangguan tiroid sudah diobati maka siklus haid akan teratur kembali.

4. Stress
Stress yang berlebihan akan memacu telatnya haid, sehingga siklus haid menjadi tak menentu. Hindari stress yang berlebihan, karena selain bisa memicu telatnya haid, juga bisa menimbulkan bahaya pada tubuh lainnya seperti timbulnya penyakit maag. Hindarilah stress dan terapkan gaya hidup sehat.

5. Berat badan yang kurang
Berat badan yang kurang seperti pengidap penyakit anoreksia akan membuat siklus haid pun terganggu. Hal ini bisa diatasi dengan banyak makanan yang bergizi dan jangan takut gemuk, bila masih dalam porsi yang wajar. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Tuhan anugrahkan.

6. Buruknya pola makan
Pola makan yang tidak teratur dan banyaknya konsumsi junk food, tentu mempengaruhi pula siklus haid. Oleh karenya, hindari junk food supaya haid anda lancar, selain itu junk food juga bisa menyebabkan tumor rahim atau miom.

7. Usia yang mendekati menopause
Semakin tua seorang wanita, menstruasi pun akan semakin lambat. Masa transisi menopause akan membuat menstruasi anda menjadi tak teratur seperti saat anda masa remaja dan pertama kalinya menstruasi. Dan tak perlu khawatir, karena hal ini tidak akan membahayakan kesehatan.

8. Menopause
Menopause akan membuat haid anda menjadi berhenti karena sel telur dari ovarium anda sudah habis, sehingga rahim anda akan kering dan menyusut. 

9. Penyakit yang kronis
Penyakit yang kronis tentu mempengaruhi siklus haid. Akibat metabolisme terganggu, haid menjadi telat. Hal ini bisa menyebabkan fungsi organ lain pun terganggu.

10. Lelah
Akibat terlalu lelah pun bisa membuat haid anda telat, sebaiknya anda banyak beristirahat dan makan- makanan yang bergizi agar haid anda kembali lancar dan tubuh anda kembali fit.

Itulah beragam penyebab kenapa haid kita menjadi telat, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

CARA SAYA USIR BAU BADAN. (HOW I DISPOSE OF BODY ODOR)

KHASIAT KANDUNGAN TERUNG BAGI PEMBULUH DARAH. (EFFICACY OF EGGPLANT FOR BLOOD VESSELS)

APAKAH PERLU ANTIBIOTIK ? (DOES ANTIBIOTICS NEED?)

PERHATIKAN. ! APAKAH ANAK ANDA SPEECH DELAY (NOTICE. ! IS YOUR CHILD SPEECH DELAY)

PERJALANAN KEHAMILAN (PREGNANCY TRAVEL)

MITOS SEPUTAR DEMAM (MYTHS ABOUT FEVER)








Komentar

Postingan Populer