Sejuta Manfaat Olahraga Push Up yang Jarang Diketahui


Push up merupakan salah satu olahraga dengan gerakan sederhana tanpa alat bantu apapun. Hal ini, tentu saja sangat berguna bagi Anda yang ingin tetap sehat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun tahukah Anda dibalik kemudahan olahraga ini, ternyata ada beberapa manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan.



Nah, berikut telah kami rangkum beragam manfaat olahraga push up yang sebaiknya Anda ketahui. Apa saja?

Sejuta Manfaat Olahraga Push Up bagi Kesehatan

Membakar Banyak Kalori

Olahraga yang hanya melatih kekuatan otot, biasanya tidak dianggap sebagai pembakar kalori yang besar. Namun, berbeda dengan push up. Meskipun push up merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan, tetapi begitu banyak otot yang terlibat dalam satu kali gerakan. Adapun otot-otot yang terlibat dalam gerakan push up yaitu otot lengan, dada, bahu depan, dan perut.

Gerakan push up akan membuat otot bekerja dengan adanya energi yang berbentuk kalori. Menurut kingofgym.com, agar kalori terbakar sempurna, Anda cukup melakukan push up setidaknya 40-50 kali non-stop.  Namun, jika kurang dari itu, Anda hanya akan melelahkan otot dan sedikit membakar kalori. Oleh karena itu, berlatihlah push up secara bertahap.

Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang sempurna adalah salah satu faktor yang menunjang penampilan. Beberapa masalah yang biasanya akan muncul dan mempengaruhi postur tubuh diantaranya, kondisi lengan yang tidak stabil, tulang belakang yang kurang tegak, dan bahu yang tidak seimbang. Umumnya, setelah Anda memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter, mereka akan menyarankan Anda untuk melakukan terapi tertentu, salah satunya push up. 

Posisi push up yang dilakukan dengan benar akan memperoleh hasil dari postur tubuh yang sempurna pula. Hal tersebut berhubungan dengan posisi tulang belakang ketika push up, yang ternyata dapat mengembalikan postur tubuh sempurna Anda.

Melatih Otot Jantung

Push up seringkali dianggap sebagai olahraga yang hanya akan membuat otot dada membesar. Memang, hal tersebut tidaklah salah. Gerakan push up dilakukan dengan mendorong kekuatan dari otot dada, lengan, dan bahu, sehingga membuatnya semakin membesar dan kuat. Namun, tahukah Anda jika hal itu juga dapat memperkuat otot jantung?

Gerakan push up yang dilakukan berulang-ulang akan membuat otot jantung bekerja lebih keras, sehingga aliran darah Anda akan menjadi lebih kuat serta membuat sistem metabolisme semakin membaik pula.

Meningkatkan Testosteron dan Mencegah Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, produksi dari hormon pasti akan semakin menurun. Khusus bagi pria, hormon testosteron juga menurun produksinya. Berdasarkan beberapa penelitian, menunjukkan bahwa gerakan push up yang sederhana ternyata dapat meningkatkan produksi hormon ini. Meski belum terdapat penelitian lebih lanjut, tetapi banyak orang yang mengiyakan hal tersebut.

Di sisi lain, push up juga dapat melatih tulang menjadi kuat dan lebih rapat. Pengingkatan kepadatan tulang tersebut dapat menangkal gangguan sistem pertulangan yang dapat melemahkan Anda, seperti Osteoporosis.

Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Seperti yang kami singgung sebelumnya, bahwa push up termasuk dalam olahraga yang melibatkan beberapa aktivitas otot. Jika otot-otot tersebut bekerja secara bersama-sama, maka jantung harus bekerja lebih keras pula untuk menghasilkan darah yang kaya oksigen menuju jaringan otot jantung. Di sisi lain, lemak tubuh yang tersimpan dalam tubuh juga mengalami penyusutan. Hal tersebut menjadikan sistem ini bekerja optimal guna menyehatkan tubuh Anda.

Nah, ternyata banyak sekali kan manfaat olahraga push up ini? Jadi, jangan ragu guys untuk melakukannya setiap hari.

HAYYUUU.....PILAH PILIH OLAH RAGA BAGI DEABETISI ( SORT SELECT SPORTS FOR DEABETISI)

APA ITU METODE BEST ? (WHAT IS THE BEST METHOD?)

GERAKAN TARIAN NUSANTARA DAN KESEHATAN. ( NUSANTARA DANCE MOVEMENT AND HEALTH.)

PERLUKAH PANTAU BERAT BADAN. (SHOULD WEIGHT MONITOR)

MITOS SEPUTAR STROKE

Komentar

Postingan Populer