INI LOH...MANFAAT MANDI AIR DINGIN DI PAGI HARI...

Sejuta Manfaat Mandi Dipagi Hari dengan Air Dingin

Mandi pagi merupakan hal yang mungkin saja menyebalkan bagi sebagian kalangan,  terutama saat hari libur. Apalagi dengan sugesti bahwa air dipagi hari terasa dingin menusuk tulang. Namun, tahukah Anda jika ternyata terdapat manfaat menakjubkan dibalik air dingin yang digunakan untuk mandi pagi hari.
Nah, untuk membantu Anda lebih bersemangat dalam melakukan rutinitas mandi dipagi hari, berikut kami share ulasan terkait manfaatnya tersebut. Penasaran?




Manfaat Menakjubkan Mandi Dipagi Hari dengan Air Dingin

1.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Sirkulasi Darah

Air dingin dapat memperbaiki sirkulasi darah dengan cara memompa darah ke seluruh tubuh. Kegiatan tersebut ternyata dapat mengatasi beberapa masalah pada kulit dan jantung. Saat air dingin membasahi tubuh Anda, pembuluh darah akan bekerja lebih efisien, sehingga kesehatan jantung akan membaik.


2.    Menyempurnakan Kulit dan Rambut

Salah satu cara alami untuk mempertahankan penampilan rambut Anda yaitu dengan mandi dengan air dingin, bukan air panas. Hal tersebut karena air panas dapat membuat kulit Anda kering. Sedangkan air dingin, akan membuat lapisan kutikula dan pori-pori kulit Anda menjadi lebih kencang.

Tak sedikit ahli dermatologi mengemukakan, bila manfaat mandi pagi dengan air dingin akan membuat rambut lebih bersinar, kuat, dan sehat. Tentu hal tersebut sangat baik dilakukan demi mendapat rambut sehat alami yang didambakan.

3.    Menurunkan Berat Badan

Manfaat tak terduga lainnya dari mandi dipagi hari dengan air dingin yaitu dapat menurunkan berat badan. Menurut Joslin dari Harvard Medical School, tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih terakumulasi saat Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan kebutuhan tubuh Anda. Lemak tubuh ini akan menumpuk di pinggang, punggung bawah, leher, dan paha.

Lemak coklat merupakan lemak yang baik, karena dapat menghasilkan panas guna menjaga tubuh agar tetap hangat. Sebuah studi tahun 2009 menemukan fakta bahwa paparan suhu dingin yang ekstrim akan mengaktifkan lemak coklat dalam tubuh. Dan akibatnya, seseorang bisa kehilangan hingga sembilan pound berat badannya dalam setahun, dengan rutin mandi air dingin.

4.    Pemulihan

Anda mungkin pernah melihat, seorang olahragawan/atlet mandi dengan air dingin setelah berlatih? Yup ternyata cara ini cukup efektif dalam memulihkan stamina dan otot yang lelah. Sebuah studi tahun 2009 yang menganalisa sebanyak 17 percobaan dan melibatkan lebih dari 300 orang, berhasil membuktikan jika seseorang mandi air dingin, dengan suhu 10 hingga 15ÂșC setelah 24 menit berolahraga, bisa membuatnya terbebas dari nyeri otot dan pegal-pegal.

5.    Meringankan Stress

Bersegera ke kamar mandi tanpa membiarkan panas mereda dan tanpa menyesuaikannya terlebih dahulu ternyata dapat membantu meringankan stress dan bahkan penyakit.

Sebuah penelitian tahun 1994 menemukan bahwa air dingin dapat penurunan kadar asam urat secara drastis. Selain itu, peningkatan kadar antioksidan dan glutathione dalam tubuh juga terjadi hingga tingkat optimal. Jadi, untuk anda yang sering stress karena tuntutan kerja ada baiknya mulai saat ini lakukan secara rutin terapi mandi air dingan di pagi hari.

Nah, banyak bukan manfaat mandi air dingin dipagi hari? Jadi jangan ragu untuk melakukannya setiap hari ya. Dan pastikan latih buah hati anda untuk melakukan hal yang sama. Karena bila sudah menjadi kebiasaan sedari kecil, akan lebih bagus.


MANFAAT MONDOKAKI DIANTARANYA BASMI CACING KREMI. (BENEFITS OF MONDOKAKI AMONG WRONG PINWORMS )

INILAH TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN VITALITAS WANITA (THIS IS A PLANT TO INCREASE WOMEN'S VITALITY)

ADAS TERNYATA BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. (FENNEL APPARENTLY HELPFUL FOR HEALTH)

ADAS TERNYATA BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. (FENNEL APPARENTLY HELPFUL FOR HEALTH)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer