Apa sih kandungan dalam Kayu Manis ?



Pada masa dahulu Bangsa Mesir menggunakan kayu manis untuk mengawetkan jenazah para Fir'aun yang di mumikan setelah 2100 SM, bangsa Mesir mengimpor kayu manis dari Cina dan Asia Selatan untuk keperluan tersebut.seiring peningkatan aktivitas perdagangan rempah, kayu manispun tidak hanya di gunakan untuk keperluan religius tetapi mulai di manfaatkan sebagai bumbu masakan,bahkan minyak kayu manis telah menjadi bahan baku dalam pembuatan sabun,diterjen,parfum,krim,dan sebagainya.

Apa sih kandungan dalam kayu manis
Ternyata banyak juga loo.. kandungan kimianya yang terdapat dalam kayu manis di antaranya adalah minyak asiri (0,5 - 1%) eugenol (66-80%) ini banyak di temukan dalam daun ,safrol, kalsium oksalat, damar dan lain sebagainya.
Kayu manis adalah salah satu sumber vitamin K, zat besi, kalsium, serat dan mangan yang baik.Kayu manis memiliki efek Farmakologi yang di butuhkan dalam obat obatan, mulai dari kulit batang,daun,dan akarnya bisa di manfaatkan sebagai obat,diantaranya seperti penambah nafsu makan,peluruh keringat, masuk angin,anti rematik,penghilang rasa sakit.
Tidak hanya itu minyak asiri kayu manis bersifat anti bakteri sehingga dapat membantu dalam pengawetan makanan tertentu,sampai dapat di gunakan sebagai pembasmi serangga dan membunuh larva nyamuk.
Dan penting untuk di ketahui dan saya suka mendengar ini, bahwa kayu manis mengandung banyak flavonoid yang sangat membantu tubuh untuk membuang racun dan karsinogen ( zat yang menyebabkan kanker)

Berikut ada beberapa terapi penyakit dengan bahan kayu manis

Mengobati Asma
Bahan  :
7 lembar daun sambiloto
1 sdt daun saga manis
1 sdt bunga belimbing manis
7 biji cengkig
7 biji kemukus
1 ibu jari kayu manis

cara membuat  :
Cuci bersih semua bahan di atas, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, dinginkan dan di saring, minum tiga kali setengah gelas setiap hari.

Mengobati Bronkitis
Bahan  :
3 grm jahe merah
3 grm lengkuas
3 grm daun pecut kuda
3 grm kenanga (di tumbuk)
3 grm kencur (dihaluskan)
3 grm daun iler
3 grm kayu manis

Cara membuatnya  :
Cuci bersih dan rebus semua bahan di atas dengan 2 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas, dinginkan, saring, minum air rebusan tersebut 2 - 3 kali sehari.

Mengobati Tuberkulosis (TBC)
Bahan  :3 lembar daun sirih
7 biji cengkih
7 biji kemukus
7 biji kapulaga
1 ibu jari kayu manis

Cara membuatnya  :
Cuci bersih rebus semua bahan di atas dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, dinginkan dan saring,minumlah air rebusannya 3 kali 1/4 gelas setiap hari

Melegakan hidung tersumbat
Bahan  :
3 batang serai
2 jari jahe merah
7 biji cengkih
7 biji kapu laga
1 sdt bubuk kayu secang
1 batang kayu manis

Cara membuatnya   :
Cuci bersih serai dan jahe merah,lalu di memarkan dan rebus kedua bahan dengan 6 gelas air, saat mendidih masukkan biji cengkih,kapulaga,kayu manis,dan bubuk kayu secang kedalam air rebusan, bairkan mendidih hingga tersisa 3 gelas dinginkan lalu di saring

inilah sedikit dari sekian banyak resep pengobatan dengan menggunakan kayu manis semoga dapat membantu....
##bukusehatcantikberkatkhasiatbumbudapur##
 




 







       



Komentar

Postingan Populer