Pemikat Si Pandan Wangi


Pandan Wangi (Pandanus Amarylli Folius)

Sesuai dengan namanya Wangi, diolah dengan campuran apaun tetap Wangi, tumbuh di depan rumah saya dengan subur, jadi bila saya ingin menggunakan tinggal petik, mau masak nasi putih, nasi kuning, nasi kebuli, di buatin dengan Pandan Wangi,  heemm...  Wanginya tercium satu rumah inilah pemikat si Pandan Wangi.
Pandan Wangi kerap di pakai sebagai penyedap, pengharum, dan pewarna hijau, apalagi kalau dipakai dalam kolak, dan bubur kacang hijau.
Pandan Wangi sering di pakai sebagai bahan baku wewangian dan campuran bunga rampai.

Pandan Wangi  tumbuh subur di daerah tropis, Apalagi kalau kita punya lahan tanah lebih di sekitar rumah, terkadang tumbuh di tepi rawa, dan pantai.

Apa  Aja Kandungan Dalam Pandan Wangi 
Ternyata selain menggugah selera makan pandan wangi juga bermanfaat sebagai pengobatan tradisional.
Daun pandan wangi mengandung alkaloida, Saponin, flavonoida, Tanin, Polifenol, dan zat warna hijau.
Diantara khasiat dari pandan wangi adalah mengatasiberketombe. ntok, menghitamkan rambut, mengilangkan ketombe, lemah syaraf, rematik, pegal linu dll.

Terapi Dengan Pandan Wangi 
Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun pandan wangi Dan giling sampai halus ,balurkan pada kulit yang sakit,  atau kulit kepala yang berketombe.

Terapi Lemah Saraf
Cuci 3 lembar daun pandan wangi segar potong kecil² ,lalu rebus dengan 3 gelas air, dan sisakan 2 gelas, dinginkan dan saring kemudian di minum 1 gelas pada pagi dan sore.


Mengobati Rematik Dan Pegal Linu
Resep  1 :
Cuci bersih 2 lembar daun pandan wangi segar ,lalu iris tipis tipis ,seduh dengan 1/4 cangkir minyak kelapa panas sambil di aduk merata,lalu dinginkan dan gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.

Resep  2 :
Bahan  :
5 lembar daun pandan wangi segar
20 lembar daun serai
1 sdm minyak kayu putih
1 sdm minyak gandapura

Cara membuatnya :
Cuci bersih daun pandan wangi dan serai lalu tumbuk sampai halus, tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura,aduk sambil di remas remas sampai merata. gunakan ramuan ini untuk menggosok atau mengurut bagian tubuh yang sakit.

Mudah dan murah ya....hanya memanfaatkan tanaman di sekitar rumah kita , selamat mencoba..
###bukusehat&cantikalamiberkatkhasiatberkatbumbudapur##

 









Komentar

Postingan Populer