Yuuk...Jaga kesehatan mata kita...



Mata adalah salah satu alat panca indera kita, yang membantu kita dalam hal melihat apa saja yang ada di dunia ini, maka dari itu mata Juga di sebut sebagai jendela dunia.
Mata juga sangat membantu kita dalam beraktivitas dengan baik dan leluasa,  cobaaa...  kalau matanya sakit tentu akan mengganggu dan menghambat aktivitas kita.
Apalagi kalau sakitnya sampai mengganggu penglihatan dan sampai terjadi kebutaan. Jadi tidak ada salahnya kita harus menjaga kesehatan mata.

Salah satu langkah penjagaan terhadap kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata. Saat ini, penelitian mengenai nutrisi yang dapat membantu mencegah penyakit mata terus dilakukan. Para ilmuwan terus mempelajari makanan yang dapat membantu mencegah beberapa penyakit mata, mengingat penyakit mata adalah penyebab utama kecacatan di berbagai negara.

Berikut ini penjelasan masing-masing nutrisi yang bermanfaat bagi mata:

Vitamin A / Beta-Carotene
Zat ini merupakan nutrisi paling penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, xerophtalmia atau mata kering, ulkus kornea, dan kelopak mata bengkak.
Vitamin A juga dapat mencegah terjadinya katarak dan kebutaan yang berhubungan dengan degenerasi makula. Setengah wortel setiap hari cukup untuk memenuhi dosis rekomendasi harian vitamin A.
Makanan lainnya yang kaya vitamin A adalah: minyak ikan cod, ubi manis, hati dan butternut squash (labu kuning).

Vitamin C
Vitamin yang larut air ini adalah komponen dari jaringan dalam tubuh yang sangat penting untuk mata. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, vitamin ini membantu melindungi dari penyakit penyakit mata. Pepaya, jeruk, jus anggur, strawberry, paprika hijau, tomat, dan bunga kol adalah jenis makanan yang mengandung vitamin ini.

Vitamin E
Vitamin larut dalam lemak yang juga dikenal dengan alpha tocopherol ini adalah antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata dari katarak dan degenerasi makula akibat usia. Sumber vitamin E adalah: kacang Almond, minyak bunga matahari dan minyak jagung, mangga, hazelnut, kacang pistachio dan kacang kacangan lain.

Carotenoids 
Karoten berhubungan dengan pigmen tanaman alami dan membantu memberikan warna-warna pada sayuran dan buah. Lutein dan zeaxanthin adalah dua di antara jenis karotenoid yang dapat melindungi mata dari penurunan kondisi dan penyakit. Lutein dapat ditemukan pada makanan seperti bayam, selada, kol, brokoli, kacang hijau dan banyak sayuran dan buah yang berwarna kuning dan oranye, sementara zeaxanthin dapat ditemukan dalam paprika oranye, jagung dan beberapa sayuran hijau.

Zat Besi
Zat besi adalah mineral penting yang ditemukan dalam setiap sel tubuh, zat besi membantu kesehatan tubuh, terutama mata, dan dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, ayam, oyster, buncis, yoghurt, susu, sereal dan kacang-kacangan.

Bioflavonoids 
Bioflavonoid dapat mencegah katarak dan degenarasi makula dengan menghambat kerja enzim aldose reduktase yang berperan dalam pembentukan katarak. Flavonoid juga dapat melindungi pembuluh darah pada mata, sehingga secara otomatis akan memperkuat kornea dan retina mata. Sumber bioflavonoid adalah: teh, bilberry, blueberry, cherry, kacang-kacangan, dan produk kedelai.

Asam Lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah degenarasi makula dan kekeringan pada mata. Sumber makanan yang kaya nutrisi ini adalah: ikan dari laut dingin, seperti: salmon, mackarel, dan herring, minyak ikan, walnuts, dan flaxseed.

Vitamin D
Vitamin D dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan salmon, sarden, mackarel, atau susu, sedangkan sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari.

Seng
Seng membantu mengurangi risiko rabun senja, sekaligus membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Sumber seng adalah kerang, daging sapi, kepiting, dan daging kalkun.







Komentar

Postingan Populer