PAYUNGI HATI KITA DARI PENYAKIT HEPATITIS

Begitu pentingkah hati (liver)  bagi kita? 
Yuuk..  kita kenalan dulu dengan organ kita yang bernama hati (liver) , Organ hati berfungsi untuk mengolah protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan menyimpan vitamin, zat besi, dan glikogen. Disamping itu, hati juga berfungsi sebagai pusat metabolisme tubuh yaitu mengolah gula, protein, dan lemak untuk menghasilkan energi, serta berfungsi untuk membuang hasil proses yang tidak terpakai dan menyaring (detoksifikasi) zat beracun dalam darah. Banyaknya tugas dari organ hati menjadikan organ ini menjadi salah satu organ penting dalam anatomi tubuh kita. Untuk itulah, pantas kiranya jika kita memperhatikan kesehatan hati dan menjaganya supaya tetap berfungsi normal.

Apa Saja Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Hepatitis? 
Setelah kita mengetahui pentingnya hati (liver) untuk tubuh kita, maka kita perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan penyakit hepatitis.
Ada banyak hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya radang hati, antara lain : virus (penyebab hepatitis), aktivitas yang tinggi dan olahraga berlebihan tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya (tidak higienis), pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang dalam kandungan gizinya, serta minum minuman beralkohol.

Gejala² nya penyakit hepatitis 
Sekedar di ketahui untuk diri sendiri dan orang di sekitar kita yaa....
Gejala hepatitis akibat virus bervariasi mulai dari tanpa gejala (tidak ada keluhan apapun) atau hanya mempunyai keluhan sedikit saja sampai keadaan yang berat. Secara umum, gejala yang mungkin timbul pada penderita, antara lain : mudah capek lemah dan lesu, persendian terasa nyeri dan pegal-pegal, mual, muntah, diare, nyeri di perut terutama sisi sebelah kanan, hilangnya nafsu makan, warna kulit dan bola mata berubah menjadi kuning ,karena itu masyarakat awam mengenal dengan penyakit kuning, air seni/air kencing berwarna gelap seperti air teh, mengalami kecemasan atau depresi.

Bagaimana tahapan penyakit hepatitis? 
Awalnya hati tidak berfungsi normal karena adanya gangguan. Selanjutnya, akan terbentuk fibrosis (jaringan parut yang menggantikan sel-sel hati yang rusak). Jika proses ini terus berlanjut, akan terjadi sirosis hati (penyakit menahun yang menyerang seluruh organ hati, dimana bentuk hati akan mengerut dan mengeras disertai penekanan pembuluh darah) dan bisa juga berlanjut menjadi kanker hati. Naaahhh...  bagian ini yang menakutkan yaaa...

Bagaimana langkah² mencegah penyakit hepatitis
Setelah kita mengetahui fungsi hati,penyebab penyakit hepatitis sampai gejalanya. maka dari itu, kita harus senantiasa waspada terhadap kemungkinan tertular penyakit hepatitis, apalagi jika mengingat bahwa tingkat penyebaran virus hepatitis di negara kita tergolong sangat tinggi. Perlu diperhatikan bahwa hepatitis ada beberapa macam dan cara penularannya juga berbeda. Untuk virus hepatitis A ditularkan lewat fekal (tinja) dan oral (mulut) misalnya karena mengkonsumsi makanan atau menggunakan alat makan yang terinfeksi virus hepatitis. Sedangkan jenis virus hepatitis B dan C ditularkan lewat darah dan produk darah, misalnya karena tranfusi darah, penggunaan jarum suntik yang telah terkontaminasi virus hepatitis secara bersama-sama, dan lain-lain. Kemampuan obat-obat yang sudah ada saat ini sangat terbatas dan belum bisa dikatakan sempurna dalam mengobati penyakit hati, apalagi jika sudah disertai dengan komplikasi yang berat. Disamping itu, tentu tidak dapat kita pungkiri kalau biaya perawatan medis dewasa ini sudah semakin mahal. Perawatan medis untuk gagal hati sangatlah mahal, belum lagi jika terlanjur terjadi sirosis dan kanker hati yang memerlukan transplantasi (cangkok) hati yang tentunya memakan biaya lebih besar lagi.
Oleh karena itu lebih baik mencegah dari pada mengobati

Agar hati(liver)  kita aman dan sehat inilah tipsnya
Ada beberapa kiat yang insya Allah bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan hati, antara lain : Hindari penggunaan jarum suntik bekas, peralatan tato, dan jarum akupuntur yang tidak steril. Jika anda membutuhkan darah karena suatu hal (sakit, kehilangan banyak darah), maka pilihlah donor dari keluarga sendiri supaya lebih terjamin status kesehatannya. Jika Anda berprofesi sebagai dokter, dokter gigi, perawat, bidan, atau petugas di laboratorium (laboran), sebaiknya selalu waspada dan memproteksi diri dengan menggunakan sarung tangan setiap kali kontak langsung dengan darah, tinja, atau urin penderita. Hindari pemakaian alat pribadi (seperti pisau cukur, sikat gigi, dan peralatan lain yang dapat mengakibatkan lecet atau luka) secara bersama-sama / bergantian. Cuci bersih semua bahan makanan (sayur, buah, daging) sebelum dikonsumsi. Jaga kebersihan piring, sendok, dan garpu yang akan digunakan. Jika Anda terpaksa membeli makan di luar, pilihlah warung makan yang terjamin kebersihannya. Cukup istirahat dan jangan beraktivitas atau berolahraga secara berlebihan.
Inilah sekilas tentang penyakit hepatitis, semoga bermanfaat yaa...


Komentar

Postingan Populer